Keuntungan Personalized Ads Untuk UMKM

March 24, 2021 4 min read
Setahun sudah pandemi COVID-19 berlangsung, banyak bisnis kecil dan UMKM yang beralih mengembangkan bisnis dengan digital marketing, agar kita tetap terhubung dengan pelanggan secara online.

Bagi yang baru menjalankan iklan di Facebook Ads, kita sedang berada dalam tahap trial-error. Hal ini juga dialami oleh berbagai pemilik bisnis kecil dan UMKM di seluruh dunia.

Baru-baru ini, Facebook merilis artikel berjudul Small Businesses Dial In Digital Marketing With Personalised Ads, yang berisi tentang pengalaman seorang pengusaha Barbershop dari Inggris.

Bagaimana dia bisa bertahan di tengah pandemi? Sempat tutup bisnis karena pendemi, hingga berhasil mendapatkan full booking selama 2 minggu saat bisnisnya dibuka kembali.

Jawabannya dengan Personalized Ads, yang menguntungkan pemilik bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih tertarget.

Menurut riset Facebook, dengan Personalized Ads tersebut telah membantu lebih dari 2.270 bisnis kecil di 15 negara yang beriklan di Facebook atau Instagram.

Personalized Ads Memberikan Audience Yang Lebih Tertarget Dengan Biaya Yang Lebih Terjangkau

Dia adalah Adam Choudhry, pemilik usaha Barbershop Kings Barbers Club di Brimingham, Inggris.

Adam pertama kali merintis usahanya di Birmingham, pada tahnu 2009. Meskipun saat ini bisa dibilang telah berpengalaman di Digital Marketing, pandemi memaksanya melakukan analisa dan strategi beriklan yang lebih ekstra.

Dengan Halaman Facebook, dia mulai memberitahukan kepada orang-orang di sekitar bahwa ada Barbershop di sebuah jalanan yang sepi. Saat Facebook Ads Manager rilis, dia semakin mudah dalam mengelola iklan dan menjangkau audience di sekitarnya.

Penelitian baru Facebook mengonfirmasi bahwa untuk bisnis kecil dan UMKM, iklan yang tertarget lebih terjangkau, namun memiliki efek yang besar.

Di Inggris, 73% dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa jangkauan audiens yang tepat adalah hal yang paling penting dalam beriklan, dan 64% mengatakan biaya iklan adalah pertimbangan penting dalam beriklan.

Pertumbuhan Kings Barber Club menunjukkan betapa kuatnya efek audience yang tertarget. Saat beriklan di Facebook, Adam telah mengembangkan bisnisnya di 14 lokasi, menjadikannya salah satu pangkas rambut terbesar di Inggris.

Data Insight Membantu Bisnis Kecil Menyempurnakan Strategi

Dalam survei Facebook, banyak pemilik bisnis kecil dan UMKM mengatakan bahwa iklan online adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan.

Di Inggris, 77% bisnis kecil mengatakan iklan online lebih menguntungkan daripada iklan offline dalam menjangkau audiens yang tertarget, dan 59% mengatakan iklan online lebih efektif dalam mencapai goal bisnis.

Saat Adam harus menutup Barbershop selama 3 bulan di awal tahun 2020, dia menggunakan waktu itu untuk menyusun strategi. Lalu, Kings Barbers Club dibuka kembali pada bulan Juli, Adam menggunakan beberapa taktik baru untuk beriklan selama pandemi COVID-19.

Di Facebook, dia kembali beriklan dan memudahkan pelanggan untuk melakukan booking. Ketika dibuka lagi, Kings Barber Club dibooking penuh selama dua minggu ke depan.

Menurutnya, tool yang memperkuat strateginya adalah Facebook Pixel. Tools ini membantu pemilik bisnis dalam mengembangkan wawasan audience berdasarkan data gabungan mulai dari pengunjung situs, pembelian, tampilan halaman, dan sumber lalu lintas.

Untuk pemilik Kings Barbers Club ini, keuntungan dari iklan yang dipersonalisasi adalah kita bisa menargetkan ulang orang-orang yang berminat pada bisnis kita, dan kita bisa membuat keputusan berdasarkan data insight yang membantu menjangkau audience yang lebih prospek di Facebook dan Instagram.

Dalam salah satu kampanye yang dijalankan oleh Adam, dia berhasil mencapai 250.000 penayangan video hanya dalam waktu 48 jam.

Pentingnya Personalized Ads untuk Bisnis Kecil

Banyak pemilik bisnis kecil mengatakan bahwa Personalized Ads sangatlah penting bagi mereka. Karena audience yang lebih tertarget, dan biaya iklan yang rendah.

Dalam sebuah survey yang dilakukan Facebook, di Spanyol, 70% pemilik bisnis kecil mengatakan bahwa pembatasan Personalized Ads akan memperlambat pertumbuhan bisnis.

Di Italia, 47% mengatakan pembatasan Personalized Ads akan meningkatkan biaya iklan. Sementara di Austria, sama dengan di Italia, 54% melaporkan bahwa mereka harus menaikkan biaya iklan pada saat terjadi pembatasan Personalized Ads.

Hal ini terkait pada adanya update Facebook Ads 2021 yang sudah kita bahas sebelumnya, akibat dari adanya pembaruan IOS 14.

Di seluruh dunia, para pemilik bisnis kecil telah menghadapi pandemi dengan berbagai strategi. Banyak yang beralih ke digital marketing karena kebutuhan. Dan banyak yang mengungkapkan bahwa Personalized Ads adalah pilar dari strategi pertumbuhan bisnis mereka.

Referensi

Small Businesses Dial In Digital Marketing With Personalised Ads


Terima kasih sudah membaca artikel "Keuntungan Personalized Ads Untuk UMKM"
Silahkan Login untuk berkomentar.